Cara Merawat Cincin



Cincin banyak digunakan oleh semua kalangan untuk menunjukkan suatu ikatan dalam sebuah hubungan. Tak hanya itu, terkadang ia juga digunakan sebagai simbol bukti cinta terhadap orang yang dicintai meskipun belum ada ikatan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar menjaga perhiasan pemberian pasangan tersebut. Anda tidak boleh sembarangan mengenakannya agar kecantikannya tidak pudar. Anda juga tidak boleh selalu menyimpannya, karena hal tersebut malah akan menyinggung perasaan pasangan. Ia akan berpikir Anda tidak menyukainya, atau Anda memiliki pasangan lain selain dia. Serba salah dan membingungkan memang, tapi begitulah cinta. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pemahaman lebih dalam merawat perhiasan yang melingkar di jari Anda.

Pertama yaitu dimulai dari hal-hal apa saja yang harus dihindari ketika sedang memakai cincin. Perlu diketahui, perhiasan yang terbuat dari emas atau perak ini mudah bereaksi dengan senyawa lain yang ada di air. Oleh karena itu, lepaskan perhiasan ketika Anda sedang mandi atau berenang terutama di laut dan pemandian air panas. Hindari juga perhiasan dari sentuhan bahan kimia seperti semprotan parfum, lotion, dan lain sebagainya. Jika tidak, reaksi kimia yang ditimbulkan akan membuat perhiasan menjadi berubah warna. Merepotkan ya? Memang demikian, tetapi tentu Anda tidak mau bukan perhiasan jadi terlihat kusam dan tidak mengkilap lagi?

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu dalam penyimpanan cincin. Mungkin sesekali Anda perlu menyimpan perhiasan dalam jangka waktu panjang karena suatu hal, dan masalahnya bahan pembuatan perhiasan berbeda-beda. Perlu diingat untuk tidak menyimpan perhiasan yang berbeda bahan dalam satu tempat. Anda harus memisahkan perhiasan yang terbuat dari emas, perak, rhodium, maupun yang lainnya dalam wadah yang berbeda. Ini dikarenakan bahan-bahan tersebut memiliki sifat kimia yang tidak sama. Letakan dalam kotak perhiasan lalu masukan dalam tas kain atau kulit, dan simpan di tempat yang kering seperti lemari ataupun di laci.

Selain itu, Anda juga harus sering-sering membersihkan cincin dari kotoran yang menempel. Ketika membersihkannya, gunakan lap lembut yang terbuat dari bahan katun atau bisa juga menggunakan kapas. Sangat disarankan menggunakan lap khusus pembersih perhiasan atau paling tidak menggunakan autosol, dan jangan gunakan tisu. Anda juga bisa membersihkan perhiasan ini dengan mencucinya menggunakan sabun cuci piring. Caranya yaitu rendam perhiasan selama kurang lebih 15 menit dalam air yang sudah dicampur dengan beberapa tetes sabun. Setelah itu gosok perhiasan dengan sikat gigi yang berbulu halus secara perlahan hingga berbusa. Bilas dengan air bersih, lalu keringkan dengan lap. Demikian beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawat kecantikan si perhiasan dari pujaan hati. Semoga ulasan ini bermanfaat.