Beberapa Hal Mengenai Cincin Tunangan



Beberapa Hal Mengenai Cincin Tunangan

cincin tunangan

 



Cincin tunangan merupakan cincin yang digunakan sebagai tanda bahwa sepasang pria dan wanita serius dengan hubungan yang mereka jalin. Penggunaan cincin pertunangan di Indonesia dan beberapa Negara lain juga berbeda. Di luar negeri, cincin pertunangan di berikan oleh sang pria kepada wanitanya pada saat melamar. Berbeda dengan di Indonesia, cincin pertunangan biasanya dipakai olah kedua belah pihak pria dan wanita. Ketika bertunangan, mereka melakukan tukar cincin yang disaksikan oleh banyak orang.

Model dari cincin pertunangan sendiri biasanya lebih ramai dari cincin pernikahan yang pada umumnya memiliki model simpel. Pada saat ini, kebanyakan orang melakukan pertunangan menggunakan cincin yang bertahtakan berlian untuk calon pengantin wanitanya. Model dari berlian yang digunakan juga bermacam-macam. Ada yang modelnya berbentuk hati, ada yang bulat, segi empat, belah ketupat, oval, ada juga yang berbentuk buah pir. Pada saat ini, model berlian yang sering digunakan untuk cincin tunangan adalah bentuk oval dan segi empat.

Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa masing-masing model berlian yang dipilih juga memiliki artinya sendiri-sendiri. Berikut beberapa arti bentuk berlian tersebut: yang pertama yaitu berlian berbentuk hati, bentuk hati ini menunjukkan bahwa pria yang memberikannya bersifat romantis. Berlian tersebut menunjukkan rasa cintanya yang berasal dari lubuk hati terdalam. Bentuk berlian yang kedua yaitu bentuk bulat. Bentuk berlian yang satu ini mengindikasikan bahwa pemilihnya menyukai sesuatu yang bersifat klasik atau tradisional. Hal tersebut dikarenakan cincin pertunangan dengan bentuk bulat sudah dipakai sejak zaman dahulu kala sampai sekarang. Oleh karena itu, orang yang memilih bentuk berlian ini disebut-sebut sebagai tipikal orang yang setia. Model berlian yang selanjutnya yaitu berlian berbentuk buah pir. Berlian dengan bentuk tajam di salah satu ujungnya ini terlihat elegan juga artistik. Orang yang memilih berlian ini disebut-sebut sebagai orang yang mandiri dan sangat berpegang teguh pada prinsipnya. Selanjutnya, bentuk berlian yang sering dipilih sebagai hiasan cincin tunangan yaitu berlian bentuk oval. Gaya berlian yang satu ini terlihat eksklusif. Beberapa orang menyebut berlian ini menandakan keseriusan dan kesetiaan.

Cincin pertunangan disematkan oleh calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita pada jari manis di tangan sebelah kiri. Lalu bagaimana ketika mereka menikah? Beberapa pasangan ada yang memilih untuk menggunakan cincin pernikahan di jari manis tangan kiri juga. Jika Anda salah satunya, ketika menikah pindahkan cincin tunangan ke jari manis tangan sebelah kanan. Ada juga alternatif lain yang saat ini juga banyak yang sudah mencobanya, yaitu menggabungkan cincin pada saat bertunangan dan cincin pernikahan. Otomatis jika memilih opsi ini, cincin pernikahannya harus memiliki model yang sesuai dengan cincin tunangan.