Cincin Nikah juga Memiliki Arti



Cincin Nikah juga Memiliki Arti

Cincin nikah

 


Cincin nikah merupakan sepasang benda yang sangat penting dalam sebuah pernikahan. Setelah selesai mengucap janji, sepasang mempelai akan menyematkan cincin di masing-masing jari manis pasangannya. Cincin tersebut menjadi sebuah simbol yang sah bahwa kedua mempelai sudah bersatu dalam sebuah ikatan yang suci. Konon penggunaan cincin sebagai simbol pengikatan dua insan sudah dimulai sejak abad pertama masehi. Pada saat itu cincin pernikahan dikenal sebagai tradisi orang Romawi. Tradisi pertukaran cincin pada pernikahan tersebut kemudian terus menyebar dan berkembang sampai saat ini di seluruh dunia.

Lalu mengapa sepasang cincin yang menjadi simbol pernikahan? Ternyata pemilihan cincin sebagai simbol pernikahan tersebut tidak dipilih secara sembarangan. Ada makna tersendiri dibalik cincin tersebut. Filosofi cincin nikah dimulai dari bentuk cincin yang berbentuk lingkaran. Sebuah lingkaran tidak ada awalan dan tidak ada pula akhirannya. Hal tersebut sama dengan harapan dua orang yang menikah. Mereka berharap pernikahan mereka tidak ada titik akhirnya dan akan berumur panjang. Bentuk cincin yang melingkar juga seperti roda. Roda selalu berputar, layaknya sebuah kehidupan pernikahan yang juga selalu berputar. Akan ada kesenangan, akan ada juga kesedihan. Sepasang suami dan istri harus bisa melewati masa-masa berputar tersebut.

Sepasang cincin pernikahan memiliki desain yang sama dan saling melengkapi satu dan lainnya. Sama seperti sepasang insan yang memakainya, diharapkan mereka bisa saling melengkapi satu sama lain dengan kekurangan dan kelebihan mereka masing-masing. Kesamaan desain cincin pernikahan juga akan menunjukkan kekompakan antara suami dan istri. Kebanyakan pasangan menikah memilih cincin nikah dengan desain yang simpel. Cincin yang polos, yaitu lurus dan tanpa banyak lekukan menunjukkan bahwa pasangan berharap kehidupan pernikahan mereka akan simpel, sederhana, lurus-lurus saja, tidak ada hal-hal rumit yang mungkin menghadang mereka kelak. Kemudian permata yang menghiasi cincin biasanya juga hanya ada satu dan tidak banyak, ini menunjukkan bahwa cinta mereka satu dan akan berlangsung untuk selamanya.

Sedangkan arti cincin pernikahan menurut penggunaannya yang digunakan setiap hari yaitu dimaksudkan agar masing-masing mempelai akan selalu mengingat pasangannya kapanpun dan dimanapun mereka berada. Bagaimanapun juga, jari sering digunakan untuk melakukan aktivitas. Oleh karena itu, pengguna cincin juga akan sering melihat cincinnya. Hal tersebut akan membuat mereka selalu mengingat pasangan, mengingat hari indah pernikahan, juga masa-masa pernikahan yang sudah dilalui bersama. Dengan demikian, mereka akan selalu saling setia satu sama lain. Kemudian ada juga mitos yang mengatakan alasan mengapa menggunakan cincin nikah kebanyakan di jari manis. Ada yang mengatakan hal tersebut karena di jari manis terdapat sebuah pembuluh darah yang salurannya menuju langsung ke jantung. Pembuluh darah tersebut dinamakan sebagai Vena Amoris.