Tips Dalam Memilih Cincin Tunangan yang Tepat


Tips DalamMemilih Cincin Tunangan yang Tepat


 



Cincin Tunangan

 


Keberadaan cincin tunangan sangatlah penting di dalam acara pertunangan. Cincin adalah salah satu perhiasan yang memiliki keindahan. Cincin dalam pertunangan memiliki makna bahwa sebentar lagi dua insan akan disatukan dalam jenjang selanjutnya yaitu ikatan suci pernikahan. Cincin dalam momen pertunangan menandakan bahwa si pemakai cincin telah memiliki calon pendamping hidup. Kedua belah insan yang sepakat tunangan pasti berharap untuk segera melangsungkan pernikahan. Cincin tunangan  memang tidaklah seperti cincin perkawinan, namun dalam memilihnya pun Anda tidak boleh asal-asalan. Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum memilih cincin untuk pertunangan Anda.

1. Menentukan Anggaran

Menentukan dana untuk membeli cincin tunangan adalah hal pertama yang harus Anda pikirkan. Anda tentu tidak ingin menghabiskan waktu melihat cincin yang tidak sesuai dengan budget Anda karena itu akan buang-buang waktu. Bersikaplah realistis dan belilah cincin yang sesuai dompet Anda. Untuk sepasang cincin couple berbahan perak harganya mulai  Rp 350.000. Harga antar toko akan berbeda-beda. Tergantung bahan yang digunakan dan model yang dipesan. Cincin tunangan pun memakai bahan yang berbeda-beda seperti perak, emas, maupun palladium. Namun, umumnya orang biasanya menggunakan perak.

2. Menentukan model

Memilih desain cincin tunangan itu susah-susah gampang. Jika Anda membeli cincin ini bersama pasangan, maka akan lebih mudah karena Anda bisa bertanya secara langsung cincin yang seperti apa yang diinginkan pasangan Anda. Namun, jika Anda membeli sendiri, maka Anda harus menerka-nerka cincin yang disukainya. Untuk model cincin perempuan ada beberapa pilihan. Anda bisa mengombinasikannya dengan emas kuning.

Untuk opsi lainnya, Anda bisa memberikan mata dengan bahan permata, mutiara, intan atau berlian. Ada sebagian wanita yang menyukai berlian, namun ada pula yang tidak. Namun, ada pula yang memilih antara cincin laki-laki dan perempuan dibuat sama desain maupun bentuknya. Sesuaikan saja dengan selera Anda bersama pasangan. Selain cincin, pilih juga kotak cincin sesuai dengan selera pasangan Anda. Biasanya selera cincin dan kotaknya memiliki keterkaitan dengan sifat seseorang. Semisal seorang wanita feminim lebih menyukai cincin dengan mata berlian dan kotak yang elegan daripada yang sederhana.

3. Ukuran Band yang Tepat

Setelah menentukan biaya atau dana yang akan dikeluarkan dan desain yang dipilih, inilah saatnya Anda menentukan ukuran lingkar cincin (band) yang tepat. Usahakan ukuran kolong cincin pas, tidak terlalu kecil atau besar. Jika Anda datang langsung bersama pasangan, maka Anda dengan mudah bisa langsung mencobanya. Sayangnya, jika Anda tidak datang bersamanya, maka Anda harus menanyakan terlebih dahulu ukuran cincinnya. Memilih cincin tunangan adalah hal yang mengasyikan. Usahakan untuk membeli cincin jauh-jauh hari. Jadi jika ada kekurangan atau kelebihan ukuran, maka Anda bisa mereparasikannya sebelum hari H. 

www.rumahcincinkawin.com